Saturday, December 25, 2010

Porsi Latihan


            Henry Alder, seorang guru drum terkemuka berkata “jika kamu sepanjang hari memainkan hal yang sama dengan yang kamu mainkan pada malam hari saat dipanggung, itu artinya kamu bermain, bukan berlatih”. Latihan biasanya berbentuk program yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan spesifik. Saya juga menyarankan bahwa “kesenangan” harus ada dilatihan rutin kita.
            Kita asumsikan bahwa kita punya program latihan yang seimbang yang mencangkup pembacaan notasi, teknik koordinasi dan percobaan berbagai gaya. Sebaiknya berapa banyak kita berlatih..? ini sulit dijawab.
            PERTIMBANGKAN Waktu kita. Jika kita masuk sekolah atau bekerja disiang hari, kita akan berlatih dimalam hari atau akhir pekan. Jika kita bermain dalam sebuah group, kita akan harus membagi waktu untuk latihan bersama dan latihan sendiri.
            Jika kita serius, satu jam setiap hari adalah jadwal minimum. Jika kita bisa mengusahakan dua sampai tiga jam, itu lebih baik.
            Jangan pernah berlatih jika merasa tidak enak badan. Jika sakit, pulihkan dahulu kesehatan kita. Jangan berlatih karena merasa bersalah jika tidak latihan ; latihan bisa ditunda.
            Latihan bukan alas an untuk terlambat atau menghindari pengerjaan tugas-tugas sekolah. Aturlah hari-hari kita supaya bisa berlatih sekaligus menjaga tanggung jawab.
            Jadi, berlatihlah sebanyak yang kamu perlukan, tapi sisihkan juga waktu untuk bersenang-senang…. Atau….. bersenang-senanglah, tapi sisihkan juga waktu untuk berlatih.

No comments: