Friday, May 28, 2010

Tips Mengatasi Kebosanan Saat Latihan


            Salah satu masalah yang bakal dihadapi oleh semua drummer adalah rasa bosan ketika berlatih. Pada tahun-tahun awal, ada beberapa alasan kenapa kita bisa merasa bosan.
            Pertama-tama, latihan untuk para pemula membutuhkan dedikasi karena sifatnya begitu elementer. Dalam tingkat ini, mempertahan ketertarikan menjadi hal yang sulit. Tapi bagi murid yang berhasil menyelesaikan tahun pertama pembelajaran bearti telah melewati bagian terberat.
            Masalah berikutnya biasanya terjadi ketika simurid telah cukup berkembang untuk memainkan rudiment dan pattern dasar dengan tingkat keterampilan tertentu. Pada titik ini, latihan dan pattern yang sama bisa menjadi amat monoton. Repetisi bisa menjadi begitu membosankan sehingga mengendurkan tekad simurid dan ketertarikan pun menguap.
            Untuk mengatasi hal ini, murid tersebut harus dihadapkan pada materi yang menantang. Meskipun ada bagian-bagian yang harus dilatih berkali-kali, namun semangat bisa terus dipertahankan jika kita selalu memiliki yang baru sebagai bahan latihan.
            Setelah main beberapa tahun, masalah lain pun muncul. Kamu  bisa menjadi begitu terbiasa dengan lick yang sudah dilatih sehingga mustahil memikirkan lick-lick baru. Mempelajari alat music lain bisa memecah kebosanan dan memberi stimulasi secara musical.
            Saksikanlah orang lain bermain drum, kita akan melihat dan mendengar ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

No comments: